Kamis, 27 Desember 2018

Kompetensi 2 - kompetensi 7 Guru Mata Pelajaran Buku 2


Kompetensi 2 : Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
Nama Guru               : …………………………………………………………………………
Nama Penilai            : ..………………………………………………………………………..
Sebelum Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru            





Tindak lanjut yang diperlukan:                   





Selama Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan:    




Tindak lanjut yang diperlukan:         





Setelah Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Setelah Pengamatan: Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru   



Tindak lanjut yang diperlukan:   






Penilaian untuk Kompetensi 2: Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
Indikator
Skor
Tidak ada bukti (Tidak terpenuhi)
Terpenuhi sebagian
Seluruhnya terpenuhi
1. Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menguasai materi pembelajaran sesuai usia dan kemampuan belajarnya melalui pengaturan proses pembelajaran dan aktivitas yang bervariasi.
0
1
2
2. Guru selalu memastikan tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran tertentu dan menyesuaikan aktivitas pembelajaran berikutnya berdasarkan tingkat pemahaman tersebut.
0
1
2
3. Guru dapat menjelaskan alasan pelaksanaan kegiatan/aktivitas yang dilakukannya, baik yang sesuai maupun yang berbeda dengan rencana, terkait keberhasilan pembelajaran.
0
1
2
4. Guru menggunakan berbagai teknik untuk memotiviasi kemauan belajar peserta didik.
0
1
2
5. Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang saling terkait satu sama lain, dengan memperhatikan tujuan pembelajaran maupun proses belajar peserta didik.
0
1
2
6. Guru memperhatikan respon peserta didik yang belum/kurang memahami materi pembelajaran yang diajarkan dan menggunakannya untuk memperbaiki rancangan pembelajaran berikutnya.
0
1
2
Total skor untuk kompetensi 2

Skor maksimum kompetensi 2 = jumlah indikator × 2
12
Persentase = (total skor/12) × 100%

Nilai untuk kompetensi 2
(0% < X < 25% = 1; 25% < X < 50% = 2;
  50% < X 75% = 3; 75% < X < 100% = 4)











Kompetensi 3 : Pengembangan kurikulum
Nama Guru               : …………………………………………………………………………
Nama Penilai            : ..………………………………………………………………………..
Sebelum Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru            





Tindak lanjut yang diperlukan:                   





Selama Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan:    




Tindak lanjut yang diperlukan:         





Setelah Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Setelah Pengamatan: Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru   



Tindak lanjut yang diperlukan:   






Penilaian untuk Kompetensi 3: Pengembangan kurikulum
Indikator
Skor
Tidak ada bukti (Tidak terpenuhi)
Terpenuhi sebagian
Seluruhnya terpenuhi
1. Guru dapat menyusun silabus yang sesuai dengan kurikulum.
0
1
2
2. Guru merancang rencana pembelajaran yang sesuai dengan silabus untuk membahas materi ajar tertentu agar peserta didik dapat mencapai kompetensi dasar yang ditetapkan.
0
1
2
3. Guru mengikuti urutan materi pembelajaran dengan memperhatikan tujuan pembelajaran.
0
1
2
4. Guru memilih materi pembelajaran yang: a) sesuai dengan tujuan pembelajaran, b) tepat dan mutakhir, c) sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar peserta didik, dan d) dapat dilaksanakan di kelas e) sesuai dengan konteks kehidupan sehari-hari peserta didik.
0
1
2
Total skor untuk kompetensi 3

Skor maksimum kompetensi 3 = jumlah indikator × 2
8
Persentase = (total skor/8) × 100%

Nilai untuk kompetensi 3
(0% < X < 25% = 1; 25% < X < 50% = 2;
  50% < X 75% = 3; 75% < X < 100% = 4)





















Kompetensi 4 : Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik
Nama Guru               : …………………………………………………………………………
Nama Penilai            : ..………………………………………………………………………..
Sebelum Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru            





Tindak lanjut yang diperlukan:                   





Selama Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan:    




Tindak lanjut yang diperlukan:         





Setelah Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Setelah Pengamatan: Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru   



Tindak lanjut yang diperlukan:   






Penilaian untuk Kompetensi 4 : Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik
Indikator
Skor
Tidak ada bukti (Tidak terpenuhi)
Terpenuhi sebagian
Seluruhnya terpenuhi
1. Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran sesuai dengan rancangan yang telah disusun secara lengkap dan pelaksanaan aktivitas tersebut mengindikasikan bahwa guru mengerti tentang tujuannya.
0
1
2
2. Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran yang bertujuan untuk membantu proses belajar peserta didik, bukan untuk menguji sehingga membuat peserta didik merasa tertekan.
0
1
2
3. Guru mengkomunikasikan informasi baru (misalnya materi tambahan) sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar peserta didik.
0
1
2
4. Guru menyikapi kesalahan yang dilakukan peserta didik sebagai tahapan proses pembelajaran, bukan semata-mata kesalahan yang harus dikoreksi. Misalnya: dengan mengetahui terlebih dahulu peserta didik lain yang setuju atau tidak setuju dengan jawaban tersebut, sebelum memberikan penjelasan tentang jawaban yang benar.
0
1
2
5. Guru melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai isi kurikulum dan mengkaitkannya dengan konteks kehidupan sehari-hari peserta didik.
0
1
2
6. Guru melakukan aktivitas pembelajaran secara bervariasi dengan waktu yang cukup untuk kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar dan mempertahankan perhatian peserta didik.
0
1
2
7. Guru mengelola kelas dengan efektif tanpa mendominasi atau sibuk dengan kegiatannya sendiri agar semua waktu peserta dapat termanfaatkan secara produktif.
0
1
2
8. Guru mampu menyesuaikan aktivitas pembelajaran yang dirancang dengan kondisi kelas.
0
1
2
9. Guru memberikan banyak kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya, mempraktekkan dan berinteraksi dengan peserta didik lain.
0
1
2
10.Guru mengatur pelaksanaan aktivitas pembelajaran secara sistematis untuk membantu proses belajar peserta didik. Sebagai contoh: guru menambah informasi baru setelah mengevaluasi pemahaman peserta didik terhadap materi sebelumnya.
0
1
2
11.Guru menggunakan alat bantu mengajar, dan/atau audio-visual (termasuk TIK) untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran.
0
1
2
Total skor untuk kompetensi 4

Skor maksimum kompetensi 4 = jumlah indikator × 2
22
Persentase = (total skor/22) × 100%

Nilai untuk kompetensi 4
(0% < X < 25% = 1; 25% < X < 50% = 2;
  50% < X 75% = 3; 75% < X < 100% = 4)

Kompetensi 5 : Memahami dan mengembangkan potensi
Nama Guru               : …………………………………………………………………………
Nama Penilai            : ..………………………………………………………………………..
Sebelum Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru            




Tindak lanjut yang diperlukan:                   





Selama Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan:    




Tindak lanjut yang diperlukan:         





Setelah Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Setelah Pengamatan: Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru   




Tindak lanjut yang diperlukan:   






Penilaian untuk Kompetensi 5: Memahami dan mengembangkan potensi
Indikator
Skor
Tidak ada bukti (Tidak terpenuhi)
Terpenuhi sebagian
Seluruhnya terpenuhi
1. Guru menganalisis hasil belajar berdasarkan segala bentuk penilaian terhadap setiap peserta didik untuk mengetahui tingkat kemajuan masing-masing.
0
1
2
2. Guru merancang dan melaksanakan aktivitas pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk belajar sesuai dengan kecakapan dan pola belajar masing-masing.
0
1
2
3. Guru merancang dan melaksanakan aktivitas pembelajaran untuk memunculkan daya kreativitas dan kemampuan berfikir kritis peserta didik.
0
1
2
4. Guru secara aktif membantu peserta didik dalam proses pembelajaran dengan memberikan perhatian kepada setiap individu.
0
1
2
5. Guru dapat mengidentifikasi dengan benar tentang bakat, minat, potensi, dan kesulitan belajar masing-masing peserta didik.
0
1
2
6. Guru memberikan kesempatan belajar kepada peserta didik sesuai dengan cara belajarnya masing-masing.
0
1
2
7. Guru memusatkan perhatian pada interaksi dengan peserta didik dan mendorongnya untuk memahami dan menggunakan informasi yang disampaikan.
0
1
2
Total skor untuk kompetensi 5

Skor maksimum kompetensi 5 = jumlah indikator × 2
14
Persentase = (total skor/14) × 100%

Nilai untuk kompetensi 5
(0% < X < 25% = 1; 25% < X < 50% = 2;
  50% < X 75% = 3; 75% < X < 100% = 4)












Kompetensi 6 : Komunikasi dengan peserta didik
Nama Guru               : …………………………………………………………………………
Nama Penilai            : ..………………………………………………………………………..
Sebelum Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru            




Tindak lanjut yang diperlukan:                   





Selama Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan:    




Tindak lanjut yang diperlukan:         





Setelah Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Setelah Pengamatan: Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru   




Tindak lanjut yang diperlukan:   






Penilaian untuk Kompetensi 6: Komunikasi dengan peserta didik
Indikator
Skor
Tidak ada bukti (Tidak terpenuhi)
Terpenuhi sebagian
Seluruhnya terpenuhi
1. Guru menggunakan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman dan menjaga partisipasi peserta didik, termasuk memberikan pertanyaan terbuka yang menuntut peserta didik untuk menjawab dengan ide dan pengetahuan mereka.
0
1
2
2. Guru memberikan perhatian dan mendengarkan semua pertanyaan dan tanggapan peserta didik, tanpa menginterupsi, kecuali jika diperlukan untuk membantu atau mengklarifikasi pertanyaan/tanggapan tersebut.
0
1
2
3. Guru menanggapinya pertanyaan peserta didik secara tepat, benar, dan mutakhir, sesuai tujuan pembelajaran dan isi kurikulum, tanpa mempermalukannya.
0
1
2
4. Guru menyajikan kegiatan pembelajaran yang dapat menumbuhkan kerja sama yang baik antar pesertadidik.
0
1
2
5. Guru mendengarkan dan memberikan perhatian terhadap semua jawaban peserta didik baik yang benar maupun yang dianggap salah untuk mengukur tingkat pemahaman peserta didik.
0
1
2
6. Guru memberikan perhatian terhadap pertanyaan peserta didik dan meresponnya secara lengkap dan relevan untuk menghilangkan kebingungan pada peserta didik.
0
1
2
Total skor untuk kompetensi 6

Skor maksimum kompetensi 6 = jumlah indikator × 2
12
Persentase = (total skor/12) × 100%

Nilai untuk kompetensi 6
(0% < X < 25% = 1; 25% < X < 50% = 2;
  50% < X 75% = 3; 75% < X < 100% = 4)










Kompetensi 7 : Penilaian dan evaluasi
Nama Guru               : …………………………………………………………………………
Nama Penilai            : ..………………………………………………………………………..
Sebelum Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru            










Tindak lanjut yang diperlukan:                   









Setelah Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Setelah Pengamatan: Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru   







Tindak lanjut yang diperlukan:   







Penilaian untuk Kompetensi 7: Penilaian dan evaluasi
Indikator
Skor
Tidak ada bukti (Tidak terpenuhi)
Terpenuhi sebagian
Seluruhnya terpenuhi
1. Guru menyusun alat penilaian yang sesuai dengan tujuan pembelajaran untuk mencapai kompetensi tertentu seperti yang tertulis dalam RPP.
0
1
2
2. Guru melaksanakan penilaian dengan berbagai teknik dan jenis penilaian, selain penilaian formal yang dilaksanakan sekolah, dan mengumumkan hasil serta implikasinya kepada peserta didik, tentang tingkat pemahaman terhadap materi pembelajaran yang telah dan akan dipelajari.
0
1
2
3. Guru menganalisis hasil penilaian untuk mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang sulit sehingga diketahui kekuatan dan kelemahan masing-masing peserta didik untuk keperluan remedial dan pengayaan.
0
1
2
4. Guru memanfaatkan masukan dari peserta didik dan merefleksikannya untuk meningkatkan pembelajaran selanjutnya, dan dapat membuktikannya melalui catatan, jurnal pembelajaran, rancangan pembelajaran, materi tambahan, dan sebagainya.
0
1
2
5. Guru memanfatkan hasil penilaian sebagai bahan penyusunan rancangan pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
0
1
2
Total skor untuk kompetensi 7

Skor maksimum kompetensi 7 = jumlah indikator × 2
10
Persentase = (total skor/10) × 100%

Nilai untuk kompetensi 7
(0% < X < 25% = 1; 25% < X < 50% = 2;
  50% < X 75% = 3; 75% < X < 100% = 4)












Format 1A Guru Mata Pelajaran dan Kompetensi 1: Mengenal karakterristik Peserta Didik


Format 1A (2)
LAPORAN DAN EVALUASI
PENILAIAN KINERJA GURU KELAS / GURU MATA PELAJARAN

Nama Guru                           : ____________________________________________
NIP/Nomor Seri Karpeg      : _______________________/_____________________
Pangkat /Golongan Ruang            : _______________________/_____________________
Terhitung Mulai Tanggal
NUPTK/NRG                        : ____________________________________________
Nama sekolah dan alamat             : ____________________________________________
  ____________________________________________
Tanggal mulai bekerja
di sekolah ini                        : ____________________________________________
Bulan Tahun
Periode penilaian                : _________________ sampai ___________________
  (tanggal, bulan, tahun)            (tanggal, bulan, tahun)


PERSETUJUAN
(Persetujuan ini harus ditandatangani oleh penilai dan guru yang dinilai)

Penilai dan guru yang dinilai menyatakan telah membaca dan mamahami semua aspek yang ditulis/dilaporkan dalam format ini dan menyatakan setuju.
Nama guru                                                Nama penilai  


Tanda tangan                                            Tanda tangan
Tanggal ___bulan____ tahun_______






Kompetensi 1 : Mengenal karakteristik peserta didik
Nama Guru               : …………………………………………………………………………
Nama Penilai            : ..………………………………………………………………………..
Sebelum Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru            



Tindak lanjut yang diperlukan:                   



Selama Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan:    



Tindak lanjut yang diperlukan:         



Setelah Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Setelah Pengamatan: Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru   


Tindak lanjut yang diperlukan:   



Pemantauan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Catatan dan Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
(catat kegiatan yang dilakukan)   


Tindak lanjut yang diperlukan:



Penilaian untuk Kompetensi 1: Mengenal karakteristik peserta didik
Indikator
Skor
Tidak ada bukti (Tidak terpenuhi)
Terpenuhi sebagian
Seluruhnya terpenuhi
1. Guru dapat mengidentifikasi karakteristik belajar setiap peserta didik di kelasnya.
0
1
2
2. Guru memastikan bahwa semua peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.
0
1
2
3. Guru dapat mengatur kelas untuk memberikan kesempatan belajar yang sama pada semua peserta didik dengan kelainan fisik dan kemampuan belajar yang berbeda.
0
1
2
4. Guru mencoba mengetahui penyebab penyimpangan perilaku peserta didik untuk mencegah agar perilaku tersebut tidak merugikan peserta didik lainnya.
0
1
2
5. Guru membantu mengembangkan potensi dan mengatasi kekurangan peserta didik.
0
1
2
6. Guru memperhatikan peserta didik dengan kelemahan fisik tertentu agar dapat mengikuti aktivitas pembelajaran, sehingga peserta didik tersebut tidak termarginalkan (tersisihkan, diolok-olok, minder, dsb.).
0
1
2
Total skor untuk kompetensi 1

Skor maksimum kompetensi 1 = jumlah indikator × 2
12
Persentase = (total skor/12) × 100%

Nilai untuk kompetensi 1
(0% < X < 25% = 1; 25% < X < 50% = 2;
  50% < X 75% = 3; 75% < X < 100% = 4)














Hidup untuk kembali

Siapakah diri kita?
Lahir, berjalan, berlari, berkarya dan kembali
Tak ada yang dibanggakan
Semua milik Allah
Beriman untuk bertaqwa