RINCIAN
MINGGU EFEKTIF DAN JUMLAH JAM EFEKTIF PER SEMESTER
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas                            :
XII
Pengampu                   : 
Tahun Pelajaran          : 2017 – 2018 
A.   
Jumlah
Minggu Setiap Bulan
| 
NO | 
BULAN | 
BANYAK
  MINGGU | 
MINGGU
  EFEKTIF | 
KETERANGAN | 
| 
1 | 
Juli | 
4
  minggu | 
3 minggu | |
| 
2 | 
Agustus | 
5 minggu | 
5 minggu | |
| 
3 | 
September | 
4 minggu | 
4 minggu | |
| 
4 | 
Oktober | 
4 minggu | 
4 minggu | |
| 
5 | 
November | 
5 minggu | 
5 minggu | |
| 
6 | 
Desember | 
4 minggu | 
3 minggu | |
| 
7 | 
Januari | 
5 minggu | 
4 minggu | |
| 
8 | 
Februari | 
5 minggu | 
5 minggu | |
| 
9 | 
Maret | 
5 minggu | 
5 minggu | |
| 
10 | 
April | 
4 minggu | 
4 minggu | |
| 
11 | 
Mei | 
5 minggu | 
3 minggu | |
| 
12 | 
Juni | 
4 minggu | 
2 minggu | |
| 
Total
   | 
54 minggu | 
47 minggu | 
B.    Distribusi Minggu Efektif
| 
NO | 
MINGGU
  EFEKTIF | 
SEMESTER
  I | 
SEMESTER
  II | 
KETERANGAN | 
| 
1 | 
47 minggu | 
24 minggu | 
23 minggu | 
C.   Jumlah Minggu Efektif dan Minggu Belajar
| 
NO | 
RINCIAN | 
SEMESTER
  I | 
SEMESTER
  II | 
KETERANGAN | 
| 
1 | 
Minggu
  Efektif | 
26 minggu | 
28 minggu | 
54
  minggu | 
| 
2 | 
Minggu
  Tidak Efektif | 
2 minggu | 
5 minggu | 
7
  minggu | 
| 
3 | 
Minggu
  Cadangan | 
3 minggu | 
5 minggu | 
8
  minggu | 
| 
4 | 
Minggu
  Belajar Efektif | 
16 minggu | 
10 minggu | 
26
  minggu | 
| 
5 | 
Minggu
  Tidak Belajar Efektif | 
3 minggu | 
5 minggu | |
| 
6 | 
Minggu
  Belajar Cadangan | 
2 minggu | 
3 minggu | |
| 
Jumlah
  Minggu Belajar | 
16 minggu | 
10 minggu | 
D.   Jumlah Jam Mengajar
| 
No | 
JAM
  PER MINGGU | 
SEMESTER
  I | 
SEMESTER
  II | 
KETERANGAN | 
| 
1 | 
4
  jam pelajaran | 
64
  jam pelajaran | 
40
  jam pelajaran | 
Matematika
  Wajib | 
| 
2 | 
3
  jam pelajaran | 
48
  jam pelajaran | 
30
  jam pelajaran | 
Matematika
  Peminatan | 
E.    Distribusi Jam Belajar Efektif
| 
NO | 
SEMESTER | 
MATERI
  POKOK | 
ALOKASI
  WAKTU | 
KETERANGAN | 
| 
1 | 
Ganjil | 
KI
  dan KD di bawah | 
64
  dan 48 jam pelajaran | |
| 
2 | 
Genap | 
KI
  dan KD di bawah | 
40
  dan 30 jam pelajaran | 
| 
RUANG LINGKUP | 
KELAS XII | 
| 
Geometri
  dan pengukuran | 
·        
  Bidang datar, 
·        
  Geometri ruang | 
| 
Statistika
  dan peluang | 
·        
  Statistika deskriptif, 
·        
  Kaidah pencacahan, 
·        
  Peluang kejadian majemuk. | 
| 
KOMPETENSI DASAR | 
MATERI PEMBELAJARAN | 
KEGIATAN PEMBELAJARAN | 
| 
3.1 Mendeskripsikan jarak dalam ruang (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang) 
4.1 Menentukan jarak dalam
  ruang  (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang) | 
Geometri 
-
  Jarak antar Titik 
- Jarak Titik ke
  Garis 
- Jarak Titik ke
  Bidang | 
·  
  Mengamati dan
  mengidentifikasi faktapada jarak dalam ruang (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang) 
·  
  Mengumpulkan dan
  mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk
  menentukan jarak dalam ruang  (antartitik, titik ke garis, dan titik ke bidang) 
·  
  Menyelesaikan
  masalah yang berkaitan dengan geometri ruang 
·  
  Menyajikan
  penyelesaian masalah yang berkaitan dengan geometri ruang | 
| 
3.2 Menentukan dan menganalisis ukuran
  pemusatan dan penyebaran data  yang
  disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram 
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
  dengan penyajian data hasil pengukuran dan pencacahan dalam tabel distribusi
  frekuensi dan histogram | 
Statistika 
- Penyajian data  
- Ukuran Pemusatan
  data 
- Ukuran Penyebaran
  Data | 
·  
  Mengamati dan
  mengidentifikasi fakta pada ukuran
  pemusatan dan penyebaran data  yang
  disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram 
·  
  Mengumpulkan dan
  mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk
  menentukan ukuran pemusatan dan penyebaran data  yang disajikan dalam bentuk tabel
  distribusi frekuensi dan histogram 
·  
  Mengumpulkan dan
  mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk
  menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian data hasil pengukuran
  dan pencacahan dalam tabel distribusi frekuensi dan histogram 
·  
  Menyajikan
  penyelesaian masalah yang berkaitan dengan penyajian data hasil pengukuran
  dan pencacahan dalam tabel distribusi frekuensi dan histogram | 
| 
3.3 Menganalisis aturan pencacahan (aturan
  penjumlahan, aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi) melalui masalah
  kontekstual 
4.3 Menyelesaikan masalah kontekstual yang
  berkaitan dengan kaidah pencacahan (aturan penjumlahan, aturan perkalian,
  permutasi, dan kombinasi) | 
Kaidah
  Pencacahan 
- Aturan
  Penjumlahan 
- Aturan Perkalian 
- Permutasi dan
  Kombinasi | 
·  
  Mengamati dan
  mengidentifikasi faktapada aturan pencacahan (aturan penjumlahan, aturan
  perkalian, permutasi, dan kombinasi) melalui masalah kontekstual 
·  
  Mengumpulkan dan
  mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk
  menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan kaidah pencacahan
  (aturan penjumlahan, aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi) 
·  
  Menyajikan
  penyelesaian masalah yang berkaitan dengan kaidah pencacahan (aturan
  penjumlahan, aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi) | 
| 
3.4        Mendeskripsikan
  dan menentukan peluang kejadian majemuk (peluang kejadian-kejadian saling
  bebas, saling lepas, dan kejadian bersyarat) dari suatu percobaan acak 
4.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
  dengan peluang kejadian majemuk (peluang, kejadian-kejadian saling bebas,
  saling lepas, dan kejadian bersyarat)  | 
Peluang
  Kejadian Majemuk 
- Kejadian saling
  bebas 
- Kejadian saling
  lepas 
- Peluang kejadian
  bersyarat | 
·  
  Mengamati dan
  mengidentifikasi faktapada peluang kejadian majemuk (peluang,
  kejadian-kejadian saling bebas, saling lepas, dan kejadian bersyarat) dari
  suatu percobaan acak 
·  
  Mengumpulkan dan
  mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk
  menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang kejadian majemuk
  (kejadian-kejadian saling bebas, saling lepas, dan kejadian bersyarat) 
·  
  Menyajikan masalah
  yang berkaitan dengan peluang kejadian majemuk (peluang, kejadian-kejadian
  saling bebas, saling lepas, dan kejadian bersyarat) | 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar