LAMPIRAN
II: PERATURAN MENTERI NEGARA PENDAYAGUNAAN
APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI
NOMOR 16 TAHUN 2009
TANGGAL 10 NOVEMBER 2009
JUMLAH
ANGKA KREDIT KUMULATIF MINIMAL UNTUK PENGANGKATAN DAN KENAIKAN JABATAN I
PANGKAT GURU DENGAN PENDlDlKAN SARJANA (S1) / DIPLOMA IV
NO
|
UNSUR
|
PROSENTASE
|
JENJANG JABATAN / GOLONGAN
RUANG DAN ANGKA KREDIT
|
||||||||
PERTAMA
|
MUDA
|
MADYA
|
UTAMA
|
||||||||
IIIa
|
IIIb
|
IIIc
|
IIId
|
IVa
|
IVb
|
IVc
|
IVd
|
Ive
|
|||
|
UNSURUTAMA
A
Pendidikan
1.
Mengikuti
pendidikan dan mernperoleh gelar/ijazah/akta
|
|
100
|
100
|
100
|
100
|
100
|
100
|
100
|
100
|
100
|
2.
Mengikuti
pelatihan prajabatan
B
Pernbelajaran/bimbingan dan tugas tertentu
1.
Melaksanakan
proses pembelajaran
2.
Melaksanakan
proses birnbingan
3.
Melaksanakan
tugas lain yang relevan dengan fungsi sekolah /madrasah
C
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
1.
Melaksanakan
pengembangan diri
2.
Melaksanakan
publikasi ilrniah
3.
Melaksanakan
karya inovativ
|
≥ 90 %
|
|
45
|
90
|
180
|
270
|
405
|
540
|
675
|
855
|
|
|
UNSUR PENUNJANG
1.
Mernperoleh
gelar I ijazah yang tidak sesuai dengan bidang yang diarnpunya
2.
Melaksanakan
kegiatan yang rnendukung tugas guru
|
≤ 10 %
|
|
5
|
10
|
20
|
30
|
45
|
60
|
75
|
95
|
JUMLAH
|
100 %
|
100
|
150
|
200
|
300
|
400
|
550
|
700
|
850
|
1050
|
MENTERI
NEGARA PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI,
LAMPIRAN
Ill: PERATURAN MENTERI NEGARA PENDAYAGUNAAN
APARATUR
NEGARA DAN REFORMASI BlROKRASl
NOMOR
16 TAHUN 2009
TANGGAL
10 NOVEMBER 2009
JUMLAH
ANGKA KREDIT KUMULATIF MINIMAL UNTUK PENGANGKATAN DAN KENAIKAN JABATAN I
PANGKAT GURU DENGAN PENDlDlKAN MAGISTER (S2)
NO
|
UNSUR
|
PROSENTASE
|
JENJANG JABATAN / GOLONGAN
RUANG DAN ANGKA KREDIT
|
|||||||
PERTAMA
|
MUDA
|
MADYA
|
UTAMA
|
|||||||
IIIb
|
IIIc
|
IIId
|
IVa
|
IVb
|
IVc
|
IVd
|
Ive
|
|||
|
UNSURUTAMA
A
Pendidikan
1.
Mengikuti
pendidikan dan mernperoleh gelar/ijazah/akta
|
|
150
|
150
|
150
|
150
|
150
|
150
|
150
|
150
|
2.
Mengikuti
pelatihan prajabatan
B
Pernbelajaran/bimbingan dan tugas tertentu
1.
Melaksanakan
proses pembelajaran
2.
Melaksanakan
proses birnbingan
3.
Melaksanakan
tugas lain yang relevan dengan fungsi sekolah /madrasah
C
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
1.
Melaksanakan
pengembangan diri
2.
Melaksanakan
publikasi ilrniah
3.
Melaksanakan
karya inovativ
|
≥ 90 %
|
|
45
|
135
|
225
|
360
|
495
|
530
|
810
|
|
|
UNSUR PENUNJANG
3.
Mernperoleh
gelar I ijazah yang tidak sesuai dengan bidang yang diarnpunya
4.
Melaksanakan
kegiatan yang rnendukung tugas guru
|
≤ 10 %
|
|
5
|
15
|
25
|
40
|
55
|
70
|
90
|
JUMLAH
|
100 %
|
150
|
200
|
300
|
400
|
550
|
700
|
850
|
1050
|
MENTERI
NEGARA PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI,
LAMPIRAN
IV: PERATURAN MENTERI NEGARA PENDAYAGUNAAN
APARATUR
NEGARA DAN REFORMASI BlROKRASl
NOMOR
16 TAHUN 2009
TANGGAL
10
NOVEMBER 2009
JUMLAH
ANGKA KREDIT KUMULATIF MINIMAL UNTUK PENGANGKATAN DAN KENAIKAN JABATAN I
PANGKAT GURU DENGAN PENDlDlKAN DOKTOR (S3)
NO
|
UNSUR
|
PROSENTASE
|
JENJANG JABATAN / GOLONGAN
RUANG DAN ANGKA KREDIT
|
||||||
MUDA
|
MADYA
|
UTAMA
|
|||||||
IIIc
|
IIId
|
IVa
|
IVb
|
IVc
|
IVd
|
Ive
|
|||
|
UNSURUTAMA
A
Pendidikan
3.
Mengikuti
pendidikan dan mernperoleh gelar/ijazah/akta
|
|
200
|
200
|
200
|
200
|
200
|
200
|
200
|
4.
Mengikuti
pelatihan prajabatan
B
Pernbelajaran/bimbingan dan tugas tertentu
4.
Melaksanakan
proses pembelajaran
5.
Melaksanakan
proses birnbingan
6.
Melaksanakan
tugas lain yang relevan dengan fungsi sekolah /madrasah
C
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
4.
Melaksanakan
pengembangan diri
5.
Melaksanakan
publikasi ilrniah
6.
Melaksanakan
karya inovativ
|
≥ 90 %
|
|
90
|
180
|
315
|
450
|
585
|
765
|
|
|
UNSUR PENUNJANG
5.
Mernperoleh
gelar I ijazah yang tidak sesuai dengan bidang yang diarnpunya
6.
Melaksanakan
kegiatan yang rnendukung tugas guru
|
≤ 10 %
|
|
10
|
20
|
35
|
50
|
65
|
85
|
JUMLAH
|
100 %
|
200
|
300
|
400
|
550
|
700
|
850
|
1050
|
MENTERI
NEGARA PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI,
LAMPIRAN
V: PERATURAN MENTERI NEGARA PENDAYAGUNAAN
APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BlROKRASl
NOMOR 16 TAHUN 2009
TANGGAL 10 NOVEMBER 2009
RlNClAN
KEGIATAN GURU DAN ANGKA KREDITNYA
NO
|
UNSUR
|
SUB UNSUR
|
KEGIATAN
|
KODE
|
SATUAN HASlL
|
ANGKA KREDIT
|
PELAKSANA
|
||||
`1
|
PENDIDIKAN
|
1.
|
Mengikuti
pendidikan dan mernperoleh Gelar/Ijazah/akta
|
1.1
|
Diploma
III
|
01
|
Ijazah
|
60
|
Sernua Jenjang
|
||
1.2
|
Diploma
II
|
02
|
Ijazah
|
40
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
1.3
|
SLTA/Diploma
I
|
03
|
Ijazah
|
25
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
2
|
Mengikuti
pelatihan prajabatan
|
2.1
|
Pelatihan
prajabatan fungsional bagi Guru Calon Pegawai Negeri Sipil I program
induksi
|
04
|
STTPP
|
3
|
Sernua
Jenjang
|
||||
2
|
PEMBELAJARAN/BlMBlNGAN
DAN TUGAS TERTENTU
|
1
|
Melaksanakan
proses pernbelajaran
|
1.1
|
Merencanakan
dan rnelaksanakan pernbelajaran, Mengevaluasi dan menilai hasil
pernbelajaran, Menganalisis hasil pembelajaran, Melaksanakan tindak lanjut
hasil penilaian,
|
05
|
Laporan
Penilaian Kinerja
|
Paket
|
Sernua
Jenjang
|
||
2
|
Melaksanakan
proses birnbingan
|
2.1
|
Merencanakan
dan melaksanakan pembimbingan, Mengevaluasi dan menilai hasil pembirnbingan,
Menganalisis hasil pembirnbingan, Melaksanakan tindak lanjut hasil
pembimbingan
|
06
|
Laporan
Penilaian Kinerja
|
Paket
|
Sernua
Jenjang
|
||||
3
|
Melaksanakan
tugas lain yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah.
|
3.1
|
Menjadi
Kepala Sekolah/Madrasah per tahun
|
07
|
Laporan
Penilaian Kinerja
|
Paket
|
Sernua
Jenjang
|
||||
3.2
|
Menjadi
Wakil Kepala Sekolah/Madrasah per tahun
|
08
|
Laporan
Penilaian Kinerja
|
Paket
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
3.3
|
Menjadi
ketua program keahlian/prograrn studi atau yang sejenisnya
|
09
|
Laporan
Penilaian Kinerja
|
Paket
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
3.4
|
Menjadi
kepala perpustakaan
|
10
|
Laporan
Penilaian Kinerja
|
Paket
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
3.5
|
Menjadi
kepala laboratoriurn, bengkel, unit produksi atau yang sejenisnya
|
11
|
Laporan
Penilaian Kinerja
|
Paket
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
3.6
|
Menjadi
pernbirnbing khusus pada satuan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan
inklusi, pendidikan terpadu atau yang sejenisnya.
|
12
|
Laporan
Penilaian Kinerja
|
Paket
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
3.7
|
Menjadi
wali kelas
|
13
|
Laporan
Penilaian Kinerja
|
Paket
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
3.8
|
Menyusun
kurikulum pada satuan pendidikannya
|
14
|
Laporan
Penilaian Kinerja
|
Paket
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
3.9
|
Menjadi
pengawas penilaian dan evaluasi terhadap proses dan hasil belajar.
|
15
|
Laporan
Penilaian Kinerja
|
Paket
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
3.10
|
Membirnbinq
qutu pernula dalarn program induksi
|
15a
|
Laporan
Penilaian Kinerja
|
Paket
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
3.11
|
Mernbirnbing
siswa dalarn kegiatan ekstrakurikuler
|
16
|
Laporan
Penilaian Kinerja
|
Paket
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
3.12
|
Menjadi
pembirnbing pada penyusunan publikasi ilrniah dan karya inovatif
|
17
|
Laporan
Penilaian Kinerja
|
Paket
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
3.13
|
Melaksanakan
pembimbingan pada kelas yang rnenjadi tanggungjawabnya (khusus Guru Kelas)
|
18
|
Laporan
Penilaian Kinerja
|
Paket
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
3
|
PENGEMBANGAN
KEPROFESIAN BERKELANJUTAN
|
1
|
Melaksanakan
pengembangan diri
|
1.1
|
Mengikuti
diklat fungsional:
|
|
|
|
|
||
a.
|
Lamanya
lebih dari 960 jam
|
19
|
1. Sural tugas 2.
Laporan deskripsi hasil pelatihan 3. Sertifikat
|
15
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
b.
|
Lamanya
antara 641 s.d 960 jam
|
20
|
1. Sural tugas 2.
Laporan deskripsi hasil pelatihan 3. Sertifikat
|
9
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
c.
|
Lamanya
antara 481 s.d 640 jam
|
21
|
1.
Sural tugas 2. Laporan deskripsi hasil pelatihan 3. Sertifikat
|
5
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
d.
|
Lamanya
antara 181 s.d 480 jam
|
22
|
1.
Sural tugas 2. Laporan deskripsi hasil pelatihan 3. Sertifikat
|
3
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
e.
|
Lamanya
antara 81 s.d 181 jam
|
23
|
1.
Sural tugas 2. Laporan deskripsi hasil pelatihan 3. Sertifikat
|
2
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
f.
|
Lamanya
antara 30 s.d 81 jam
|
24
|
1.
Sural tugas 2. Laporan deskripsi hasil pelatihan 3. Sertifikat
|
1
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
1.2
|
Kegiatan
kolektif guru yang meningkatkan kompetensi dan/atau keprofesian guru
|
|
|
|
|
||||||
a.
|
Lokakarya
atau kegiatan bersama (seperti kelompok kerja guru) untuk penyusunan
perangkat kurikulum dan atau pembelajaran
|
25
|
Surat Keterangan dan
laporan kegiatan
|
0,15
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
b.
|
Keikutsertaan
pada kegiatan ilmiah (seminar, kologium dan diskusi panel)
|
|
|
|
|
||||||
1)
|
Menjadi
pembahas pada kegiatan ilmiah
|
26
|
Surat Keterangan dan
laporan kegiatan
|
0,2
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
2)
|
Menjadi
peserta pada kegiatan ilmiah
|
27
|
Surat Keterangan dan
laporan kegiatan
|
0,1
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
c.
|
Kegiatan
kolektif lainnya yang sesuai dengan tugas dan kewajiban guru
|
28
|
Surat Keterangan dan
laporan kegiatan
|
0,1
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
2
|
Melaksanakan
publikasi ilmiah
|
2.1
|
Presentasi
pada forum ilmiah
|
|
|
|
Sernua
Jenjang
|
||||
a.
|
Menjadi
pemrasaran/nara sumber pada seminar atau lokakarya ilmiah.
|
29
|
Surat Keterangan dan
makalah pemrasan
|
0,2
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
b.
|
Menjadi
pemrasaran/nara sumber pada koloqium atau diskusi ilmiah.
|
30
|
Surat Keterangan dan
makalah pemrasan
|
0,2
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
2.2
|
Melaksanakan
publikasi Ilmiah hasil penelitian atau gagasan ilmu pada bidang pendidikan
formal.
|
|
|
|
|
||||||
a.
|
Membuat
karya tulis berupa laporan hasil penelitian pada bidang pendidikan di
sekolahnya, diterbitkan/ dipublikasikan dalam bentuk buku ber ISBN dan
diedarkan secara nasional atau telah lulus dari penilaian BNSP.
|
31
|
Buku
|
4
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
b.
|
Membuat
karya tulis berupa laporan hasil penelitian pada bidang pendidikan di
sekolahnya, diterbitkan/dipublikasikan dalam majalah/jurnal ilmiah tingkat
nasional yang terakreditasi.
|
32
|
Karya tulis dalam
Majalah dan Jurnal
|
3
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
c.
|
Membuat
karya tulis berupa laporan hasil penelitian pada bidang pendidikan di
sekolahnya, diterbitkan/dipublikasikan dalam majalah/jurnal ilmiah tingkat provinsi
|
33
|
Karya tulis dalam
Majalah dan Jurnal
|
2
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
d.
|
Membuat
karya tulis berupa laporan hasil penelitian pada bidang pendidikan di
sekolahnya, diterbitkan/dipublikasikan dalam majalah ilmiah tingkat
kabupaten/ kota.
|
34
|
Karya tulis dalam
Majalah dan Jurnal
|
1
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
e.
|
Membuat
karya tulis berupa laporan hasil penelitian pada bidang pendidikan di
sekolahnya, diseminarkan di sekolahnya, disimpan di perpustakaan.
|
35
|
Laporan
|
4
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
f.
|
Membuat
makalah berupa tinjauan ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan
pembelajaran pada satuan pendidikannya, tidak diterbitkan, disimpan di
perpustakaan.
|
36
|
Makalah
|
2
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
g.
|
Membuat
Tulisan Ilmiah Populer di bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada
satuan pendidikannya.
|
|
|
|
|
||||||
1)
|
Membuat
Artikel Ilmiah Populer di bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada
satuan pendidikannya dimuat di media masa tingkat nasional
|
37
|
Artikel ilmiah
|
2
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
2)
|
Membuat
Artikel Ilmiah Populer di bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada
satuan pendidikannya dimuat di media masa tingkat provinsi (koran daerah).
|
38
|
Artikel ilmiah
|
1,5
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
h.
|
Membuat
Artikel Ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan
pendidikannya
|
|
|
|
|
||||||
|
1)
|
Membuat
Artikel Ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan
pendidikannya dan dimuat di jurnal tingkat nasional yang terakreditasi.
|
39
|
Artikel ilmiah
|
2
|
Sernua
Jenjang
|
|||||
2)
|
Membuat
Artikel Ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan
pendidikannya dan dimuat di jurnal tingkat nasional yang tidak terakreditasi/
tingkat provinsi.
|
40
|
Artikel ilmiah
|
1,5
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
3)
|
Membuat
Artikel llmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikannya
dan dimuat di jurnal tingkat lokal (kabupatenlkotal sekolahlmadrasah dstnya).
|
41
|
Artikel ilmiah
|
1
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
2.3
|
Melaksanakan
publikasi buku teks pelajaran, buku pengayaan, dan pedoman Guru:
|
|
|
|
|
||||||
a.
|
Membuat
buku pelajaran per tingkat buku pendidikan per judul:
|
|
|
|
|
||||||
1)
|
Buku
pelajaran yang lolos penilaian oleh BSNP
|
42
|
Buku
|
6
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
2)
|
Buku
pelajaran yang dicetak oleh penerbit dan ber ISBN
|
43
|
Buku
|
3
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
3)
|
Buku
pelajaran dicetak oleh penerbit tetapi belum ber-ISBN.
|
44
|
Buku
|
1
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
b.
|
Membuat
modul/diktat pembelajaran per semester:
|
|
|
|
|
||||||
1)
|
Digunakan
di tingkat Provinsi dengan pengesahan dari Dinas Pendidikan Provinsi.
|
45
|
Modul / diktat
|
1,5
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
2)
|
Digunakan
di tingkat kotalkabupaten dengan pengesahan dari Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten.
|
46
|
Modul / diktat
|
1
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
3)
|
Digunakan
di tingkat sekolah/madrasah setempat.
|
47
|
Modul / diktat
|
0,5
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
c.
|
Membuat buku dalam bidang
pendidikan:
|
|
|
|
|
||||||
1)
|
Buku
dalam bidang pendidikan dicetak oleh penerbit dan ber-ISBN.
|
48
|
Buku
|
3
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
2)
|
Buku
dalam bidang pendidikan dicetak oleh penerbit tetapi belum ber-ISBN.
|
49
|
Buku
|
1,5
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
d.
|
Membuat
karya hasil terjemahan yang dinyatakan oleh kepala sekolahlmadrasah tiap
karya.
|
50
|
Karya hasil
terjemahan
|
1
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
e.
|
Membuat
buku pedoman guru
|
51
|
Buku
|
1,5
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
3
|
Melaksanakan
Karya lnovatif
|
3.1
|
Menemukan
teknologi tepat guna
|
|
|
|
|
||||
a.
|
Kategori kompleks
|
52
|
Hasil karya
|
4
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
b.
|
Kategori sederhana
|
53
|
Hasil karya
|
2
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
3.2
|
Menemukan / menciptakan karya
seni.
|
|
|
|
|
||||||
a.
|
Kategori kompleks
|
54
|
Hasil karya
|
4
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
b.
|
Kategori sederhana
|
55
|
Hasil karya
|
2
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
3.3
|
Membuat/modifikasi alat
pelajaran/peraga/praktikum:
|
|
|
|
|
||||||
a.
|
Membuat alat pelajaran:
|
|
|
|
|
||||||
1)
|
Kategori kompleks
|
56
|
Alat pelajaran
|
2
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
2)
|
Kategori sederhana
|
57
|
Alat pelajaran
|
1
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
b.
|
Membuat alat peraga.
|
|
|
|
|
||||||
1)
|
Kategori kompleks
|
58
|
Alat peraga
|
2
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
2)
|
Kategori sederhana
|
59
|
Alat peraga
|
1
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
c.
|
Membuat alat praktikum.
|
|
|
|
|
||||||
1)
|
Kategori kompleks
|
60
|
Alat Praktik
|
4
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
2)
|
Kategori sederhana
|
61
|
Alat Praktik
|
2
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
3.4
|
Mengikuti
Pengembangan Penyusunan Standar, Pedoman, Soal dan sejenisnya
|
|
|
|
|
||||||
a.
|
Mengikuti
Kegiatan Penyusunan Standarl Pedoman/Soal dan sejenisnya pada tingkat
nasional.
|
62
|
SK
|
1
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
b.
|
Mengikuti
Kegiatan Penyusunan Standarl Pedoman/Soal dan sejenisnya pada tingkat
provinsi.
|
63
|
SK
|
1
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
4
|
PENUNJANG
TUGAS GURU
|
1
|
Memperoleh
gelar/ijazah yang tidak sesuai dengan bidang yang diampunya
|
1.1
|
Memperoleh
Sarjana (S1) /Diploma IV yang tidak sesuai dengan bidang yang diampunya
|
64
|
Ijazah
|
15
|
Sernua
Jenjang
|
||
2
|
Melaksanakan
kegiatan yang mendukung tugas guru
|
2.1
|
Melaksanakan
kegiatan yang mendukung tugas guru
|
|
|
|
|
||||
a.
|
Mernbirnbing
siswa dalam praktik kerja nyata / praktik industri/ ekstrakurikuler dan yang
sejenisnya
|
65
|
Laporan
|
0,17
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
b.
|
Sebagai
pengawas ujian penilaian dan evaluasi terhadap proses dan hasil belajar
tingkat :
|
|
|
|
|
||||||
1)
|
Sekolah
|
66
|
S K
|
0,08
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
2)
|
Nasional
|
67
|
S K
|
0,08
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
c.
|
Menjadi
anggota organisasi profesi, sebagai:
|
|
|
|
|
||||||
1)
|
Pengurus
aktif
|
68
|
S K
|
1
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
2)
|
Anggota
aktif
|
69
|
S K
|
0,75
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
d.
|
Menjadi
anggota kegiatan keprarnukaan, sebagai:
|
|
|
|
|
||||||
1)
|
Pengurus
aktif
|
70
|
S K
|
1
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
2)
|
Anggota
aktif
|
71
|
S K
|
0,75
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
e.
|
Menjadi
tim penilai angka kredit
|
72
|
DUPAK
|
0,04
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
f.
|
Menjadi
tutor/pelatih/instruktur
|
73
|
2 Jarnpel
|
0,04
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
3
|
Perolehan
penghargaan/tanda jasa
|
3.1
|
Perolehan
penghargaan/tanda jasa Satya Lancana Karva Satva
|
|
|
|
|
||||
a.
|
30
(tiga puluh) tahun
|
74
|
Sertifikat/Piagam
|
3
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
b.
|
20
(dua puluh) tahun
|
75
|
Sertifikat/Piagam
|
2
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
c.
|
10
(sepuluh) tahun
|
76
|
Sertifikat/Piagam
|
1
|
Sernua
Jenjang
|
||||||
3.2
|
Memperoleh
Penghargaan/tanda jasa
|
77
|
Sertifikat/Piagam
|
1
|
Sernua
Jenjang
|
MENTERI
NEGARA PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMAS1 BIROKRASI,
LAMPIRAN
II: PERATURAN MENTERI NEGARA PENDAYAGUNAAN
APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI
NOMOR 16 TAHUN 2009
TANGGAL 10 NOVEMBER 2009
JUMLAH
ANGKA KREDIT KUMULATIF MINIMAL UNTUK PENGANGKATAN DAN KENAIKAN JABATAN I
PANGKAT GURU DENGAN PENDlDlKAN DIPLOMA III
NO
|
UNSUR
|
PROSENTASE
|
JENJANG JABATAN / GOLONGAN
RUANG DAN ANGKA KREDIT
|
|||||
IIc
|
IId
|
IIIa
|
IIIb
|
IIIc
|
IIId
|
|||
|
UNSURUTAMA
A
Pendidikan
1.
Mengikuti
pendidikan dan mernperoleh gelar/ijazah/akta
|
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
2.
Mengikuti
pelatihan prajabatan
B
Pernbelajaran/bimbingan dan tugas tertentu
1. Melaksanakan proses
pembelajaran
2.
Melaksanakan
proses birnbingan
3.
Melaksanakan
tugas lain yang relevan dengan fungsi sekolah /madrasah
C
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
1.
Melaksanakan
pengembangan diri
2.
Melaksanakan
publikasi ilrniah
3.
Melaksanakan
karya inovativ
|
≥ 90 %
|
|
18
|
36
|
81
|
126
|
216
|
|
|
UNSUR PENUNJANG
7.
Mernperoleh
gelar I ijazah yang tidak sesuai dengan bidang yang diarnpunya
8.
Melaksanakan
kegiatan yang rnendukung tugas guru
|
≤ 10 %
|
|
2
|
4
|
9
|
14
|
24
|
JUMLAH
|
100 %
|
60
|
80
|
100
|
150
|
200
|
300
|
MENTERI
NEGARA PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar