Kompetensi 2 : Menguasai teori belajar dan
prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
Nama Guru :
…………………………………………………………………………
Nama Penilai :
..………………………………………………………………………..
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan
guru
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Selama Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama
pengamatan:
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Setelah Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Setelah Pengamatan: Tanggapan Penilai terhadap dokumen
dan/atau keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Penilaian untuk Kompetensi 2: Menguasai teori belajar
dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada bukti (Tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Seluruhnya terpenuhi
|
|
1. Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk
menguasai materi pembelajaran sesuai usia dan kemampuan belajarnya melalui
pengaturan proses pembelajaran dan aktivitas yang bervariasi.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru selalu memastikan tingkat pemahaman peserta
didik terhadap materi pembelajaran tertentu dan menyesuaikan aktivitas
pembelajaran berikutnya berdasarkan tingkat pemahaman tersebut.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru dapat menjelaskan alasan pelaksanaan
kegiatan/aktivitas yang dilakukannya, baik yang sesuai maupun yang berbeda
dengan rencana, terkait keberhasilan pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru menggunakan berbagai teknik untuk memotiviasi
kemauan belajar peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang saling
terkait satu sama lain, dengan memperhatikan tujuan pembelajaran maupun
proses belajar peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
6. Guru memperhatikan respon peserta didik yang
belum/kurang memahami materi pembelajaran yang diajarkan dan menggunakannya
untuk memperbaiki rancangan pembelajaran berikutnya.
|
0
|
1
|
2
|
Total skor untuk kompetensi 2
|
|
||
Skor maksimum kompetensi 2 =
jumlah indikator × 2
|
12
|
||
Persentase = (total skor/12) ×
100%
|
|
||
Nilai untuk kompetensi 2
(0% < X < 25% = 1; 25% < X < 50% = 2;
50% < X 75% = 3; 75% < X < 100% =
4)
|
|
Kompetensi
3 : Pengembangan kurikulum
Nama Guru :
…………………………………………………………………………
Nama Penilai :
..………………………………………………………………………..
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan
guru
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Selama Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama
pengamatan:
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Setelah Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Setelah Pengamatan: Tanggapan Penilai terhadap dokumen
dan/atau keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Penilaian untuk Kompetensi 3: Pengembangan kurikulum
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada bukti (Tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Seluruhnya terpenuhi
|
|
1. Guru dapat menyusun silabus yang sesuai dengan
kurikulum.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru merancang rencana pembelajaran yang sesuai
dengan silabus untuk membahas materi ajar tertentu agar peserta didik dapat
mencapai kompetensi dasar yang ditetapkan.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru mengikuti urutan materi pembelajaran dengan
memperhatikan tujuan pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru memilih materi pembelajaran yang: a) sesuai
dengan tujuan pembelajaran, b) tepat dan mutakhir, c) sesuai dengan usia dan
tingkat kemampuan belajar peserta didik, dan d) dapat dilaksanakan di kelas
e) sesuai dengan konteks kehidupan sehari-hari peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
Total skor untuk kompetensi 3
|
|
||
Skor maksimum kompetensi 3 =
jumlah indikator × 2
|
8
|
||
Persentase = (total skor/8) ×
100%
|
|
||
Nilai untuk kompetensi 3
(0% < X < 25% = 1; 25% < X < 50% = 2;
50% < X 75% = 3; 75% < X < 100% =
4)
|
|
Kompetensi
4 : Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik
Nama Guru :
…………………………………………………………………………
Nama Penilai :
..………………………………………………………………………..
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan
guru
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Selama Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama
pengamatan:
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Setelah Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Setelah Pengamatan: Tanggapan Penilai terhadap dokumen
dan/atau keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Penilaian untuk Kompetensi
4 : Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada bukti (Tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Seluruhnya terpenuhi
|
|
1. Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran sesuai dengan
rancangan yang telah disusun secara lengkap dan pelaksanaan aktivitas
tersebut mengindikasikan bahwa guru mengerti tentang tujuannya.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran yang bertujuan untuk
membantu proses belajar peserta didik, bukan untuk menguji sehingga membuat
peserta didik merasa tertekan.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru mengkomunikasikan informasi baru (misalnya materi
tambahan) sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru menyikapi kesalahan yang dilakukan peserta didik sebagai
tahapan proses pembelajaran, bukan semata-mata kesalahan yang harus
dikoreksi. Misalnya: dengan mengetahui terlebih dahulu peserta didik lain
yang setuju atau tidak setuju dengan jawaban tersebut, sebelum memberikan
penjelasan tentang jawaban yang benar.
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai isi kurikulum
dan mengkaitkannya dengan konteks kehidupan sehari-hari peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
6. Guru melakukan aktivitas pembelajaran secara bervariasi
dengan waktu yang cukup untuk kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan usia
dan tingkat kemampuan belajar dan mempertahankan perhatian peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
7. Guru mengelola kelas dengan efektif tanpa mendominasi atau
sibuk dengan kegiatannya sendiri agar semua waktu peserta dapat termanfaatkan
secara produktif.
|
0
|
1
|
2
|
8. Guru mampu menyesuaikan aktivitas pembelajaran yang dirancang
dengan kondisi kelas.
|
0
|
1
|
2
|
9. Guru memberikan banyak kesempatan kepada peserta didik untuk
bertanya, mempraktekkan dan berinteraksi dengan peserta didik lain.
|
0
|
1
|
2
|
10.Guru mengatur pelaksanaan aktivitas pembelajaran secara
sistematis untuk membantu proses belajar peserta didik. Sebagai contoh: guru
menambah informasi baru setelah mengevaluasi pemahaman peserta didik terhadap
materi sebelumnya.
|
0
|
1
|
2
|
11.Guru menggunakan alat bantu mengajar, dan/atau audio-visual
(termasuk TIK) untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mencapai
tujuan pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
Total skor untuk kompetensi 4
|
|
||
Skor maksimum kompetensi 4 =
jumlah indikator × 2
|
22
|
||
Persentase = (total skor/22) ×
100%
|
|
||
Nilai untuk kompetensi 4
(0% < X < 25% = 1; 25% < X < 50% = 2;
50% < X 75% = 3; 75% < X < 100% =
4)
|
|
Kompetensi
5 : Memahami dan mengembangkan potensi
Nama Guru :
…………………………………………………………………………
Nama Penilai :
..………………………………………………………………………..
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan
guru
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Selama Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama
pengamatan:
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Setelah Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Setelah Pengamatan: Tanggapan Penilai terhadap dokumen
dan/atau keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Penilaian untuk Kompetensi 5: Memahami dan
mengembangkan potensi
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada bukti (Tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Seluruhnya terpenuhi
|
|
1. Guru menganalisis hasil belajar berdasarkan segala
bentuk penilaian terhadap setiap peserta didik untuk mengetahui tingkat
kemajuan masing-masing.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru merancang dan melaksanakan aktivitas
pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk belajar sesuai dengan
kecakapan dan pola belajar masing-masing.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru merancang dan melaksanakan aktivitas
pembelajaran untuk memunculkan daya kreativitas dan kemampuan berfikir kritis
peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru secara aktif membantu peserta didik dalam
proses pembelajaran dengan memberikan perhatian kepada setiap individu.
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru dapat mengidentifikasi dengan benar tentang
bakat, minat, potensi, dan kesulitan belajar masing-masing peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
6. Guru memberikan kesempatan belajar kepada peserta
didik sesuai dengan cara belajarnya masing-masing.
|
0
|
1
|
2
|
7. Guru memusatkan perhatian pada interaksi dengan
peserta didik dan mendorongnya untuk memahami dan menggunakan informasi yang
disampaikan.
|
0
|
1
|
2
|
Total skor untuk kompetensi 5
|
|
||
Skor maksimum kompetensi 5 =
jumlah indikator × 2
|
14
|
||
Persentase = (total skor/14) ×
100%
|
|
||
Nilai untuk kompetensi 5
(0% < X < 25% = 1; 25% < X < 50% = 2;
50% < X 75% = 3; 75% < X < 100% =
4)
|
|
Kompetensi
6 : Komunikasi dengan peserta didik
Nama Guru :
…………………………………………………………………………
Nama Penilai :
..………………………………………………………………………..
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan
guru
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Selama Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama
pengamatan:
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Setelah Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Setelah Pengamatan: Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau
keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Penilaian untuk Kompetensi 6: Komunikasi dengan peserta
didik
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada bukti (Tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Seluruhnya terpenuhi
|
|
1. Guru menggunakan pertanyaan untuk mengetahui
pemahaman dan menjaga partisipasi peserta didik, termasuk memberikan
pertanyaan terbuka yang menuntut peserta didik untuk menjawab dengan ide dan
pengetahuan mereka.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru memberikan perhatian dan mendengarkan semua pertanyaan
dan tanggapan peserta didik, tanpa menginterupsi, kecuali jika diperlukan
untuk membantu atau mengklarifikasi pertanyaan/tanggapan tersebut.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru menanggapinya pertanyaan peserta didik secara
tepat, benar, dan mutakhir, sesuai tujuan pembelajaran dan isi kurikulum,
tanpa mempermalukannya.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru menyajikan kegiatan pembelajaran yang dapat
menumbuhkan kerja sama yang baik antar pesertadidik.
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru mendengarkan dan memberikan perhatian terhadap
semua jawaban peserta didik baik yang benar maupun yang dianggap salah untuk
mengukur tingkat pemahaman peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
6. Guru memberikan perhatian terhadap pertanyaan
peserta didik dan meresponnya secara lengkap dan relevan untuk menghilangkan
kebingungan pada peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
Total skor untuk kompetensi 6
|
|
||
Skor maksimum kompetensi 6 =
jumlah indikator × 2
|
12
|
||
Persentase = (total skor/12) ×
100%
|
|
||
Nilai untuk kompetensi 6
(0% < X < 25% = 1; 25% < X < 50% = 2;
50% < X 75% = 3; 75% < X < 100% =
4)
|
|
Kompetensi 7 : Penilaian dan evaluasi
Nama Guru :
…………………………………………………………………………
Nama Penilai :
..………………………………………………………………………..
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan
guru
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Setelah Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Setelah Pengamatan: Tanggapan Penilai terhadap dokumen
dan/atau keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Penilaian untuk Kompetensi 7: Penilaian dan evaluasi
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada bukti (Tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Seluruhnya terpenuhi
|
|
1. Guru menyusun alat penilaian yang sesuai dengan
tujuan pembelajaran untuk mencapai kompetensi tertentu seperti yang tertulis
dalam RPP.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru melaksanakan penilaian dengan berbagai teknik
dan jenis penilaian, selain penilaian formal yang dilaksanakan sekolah, dan
mengumumkan hasil serta implikasinya kepada peserta didik, tentang tingkat
pemahaman terhadap materi pembelajaran yang telah dan akan dipelajari.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru menganalisis hasil penilaian untuk
mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang sulit sehingga diketahui
kekuatan dan kelemahan masing-masing peserta didik untuk keperluan remedial
dan pengayaan.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru memanfaatkan masukan dari peserta didik dan
merefleksikannya untuk meningkatkan pembelajaran selanjutnya, dan dapat
membuktikannya melalui catatan, jurnal pembelajaran, rancangan pembelajaran,
materi tambahan, dan sebagainya.
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru memanfatkan hasil penilaian sebagai bahan
penyusunan rancangan pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
|
0
|
1
|
2
|
Total skor untuk kompetensi 7
|
|
||
Skor maksimum kompetensi 7 =
jumlah indikator × 2
|
10
|
||
Persentase = (total skor/10) ×
100%
|
|
||
Nilai untuk kompetensi 7
(0% < X < 25% = 1; 25% < X < 50% = 2;
50% < X 75% = 3; 75% < X < 100% =
4)
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar