Sabtu, 30 September 2017

RINCIAN MINGGU EFEKTIF DAN JUMLAH EFEKTIF PER SEMESTER



RINCIAN MINGGU EFEKTIF DAN JUMLAH JAM EFEKTIF PER SEMESTER
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas                            : XII
Pengampu                   :
Tahun Pelajaran          : 2017 – 2018

A.    Jumlah Minggu Setiap Bulan
NO
BULAN
BANYAK MINGGU
MINGGU EFEKTIF
KETERANGAN
1
Juli
4 minggu
3 minggu

2
Agustus
5 minggu
5 minggu

3
September
4 minggu
4 minggu

4
Oktober
4 minggu
4 minggu

5
November
5 minggu
5 minggu

6
Desember
4 minggu
3 minggu

7
Januari
5 minggu
4 minggu

8
Februari
5 minggu
5 minggu

9
Maret
5 minggu
5 minggu

10
April
4 minggu
4 minggu

11
Mei
5 minggu
3 minggu

12
Juni
4 minggu
2 minggu


Total
54 minggu
47 minggu


B.    Distribusi Minggu Efektif
NO
MINGGU EFEKTIF
SEMESTER I
SEMESTER II
KETERANGAN
1
47 minggu
24 minggu
23 minggu


C.   Jumlah Minggu Efektif dan Minggu Belajar
NO
RINCIAN
SEMESTER I
SEMESTER II
KETERANGAN
1
Minggu Efektif
26 minggu
28 minggu
54 minggu
2
Minggu Tidak Efektif
2 minggu
5 minggu
7 minggu
3
Minggu Cadangan
3 minggu
5 minggu
8 minggu
4
Minggu Belajar Efektif
16 minggu
10 minggu
26 minggu
5
Minggu Tidak Belajar Efektif
3 minggu
5 minggu

6
Minggu Belajar Cadangan
2 minggu
3 minggu


Jumlah Minggu Belajar
16 minggu
10 minggu


D.   Jumlah Jam Mengajar
No
JAM PER MINGGU
SEMESTER I
SEMESTER II
KETERANGAN
1
4 jam pelajaran
64 jam pelajaran
40 jam pelajaran
Matematika Wajib
2
3 jam pelajaran
48 jam pelajaran
30 jam pelajaran
Matematika Peminatan

E.    Distribusi Jam Belajar Efektif
NO
SEMESTER
MATERI POKOK
ALOKASI WAKTU
KETERANGAN
1
Ganjil
KI dan KD di bawah
64 dan 48 jam pelajaran

2
Genap
KI dan KD di bawah
40 dan 30 jam pelajaran







RUANG LINGKUP
KELAS XII
Geometri dan pengukuran
·         Bidang datar,
·         Geometri ruang
Statistika dan peluang
·         Statistika deskriptif,
·         Kaidah pencacahan,
·         Peluang kejadian majemuk.

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
3.1 Mendeskripsikan jarak dalam ruang (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang)
4.1 Menentukan jarak dalam ruang  (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang)
Geometri
- Jarak antar Titik
- Jarak Titik ke Garis
- Jarak Titik ke Bidang
·   Mengamati dan mengidentifikasi faktapada jarak dalam ruang (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang)
·   Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menentukan jarak dalam ruang  (antartitik, titik ke garis, dan titik ke bidang)
·   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan geometri ruang
·   Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan geometri ruang
3.2 Menentukan dan menganalisis ukuran pemusatan dan penyebaran data  yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian data hasil pengukuran dan pencacahan dalam tabel distribusi frekuensi dan histogram
Statistika
- Penyajian data
- Ukuran Pemusatan data
- Ukuran Penyebaran Data

·   Mengamati dan mengidentifikasi fakta pada ukuran pemusatan dan penyebaran data  yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram
·   Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menentukan ukuran pemusatan dan penyebaran data  yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram
·   Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian data hasil pengukuran dan pencacahan dalam tabel distribusi frekuensi dan histogram
·   Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan penyajian data hasil pengukuran dan pencacahan dalam tabel distribusi frekuensi dan histogram
3.3 Menganalisis aturan pencacahan (aturan penjumlahan, aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi) melalui masalah kontekstual
4.3 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan kaidah pencacahan (aturan penjumlahan, aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi)
Kaidah Pencacahan
- Aturan Penjumlahan
- Aturan Perkalian
- Permutasi dan Kombinasi

·   Mengamati dan mengidentifikasi faktapada aturan pencacahan (aturan penjumlahan, aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi) melalui masalah kontekstual
·   Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan kaidah pencacahan (aturan penjumlahan, aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi)
·   Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan kaidah pencacahan (aturan penjumlahan, aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi)
3.4        Mendeskripsikan dan menentukan peluang kejadian majemuk (peluang kejadian-kejadian saling bebas, saling lepas, dan kejadian bersyarat) dari suatu percobaan acak
4.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang kejadian majemuk (peluang, kejadian-kejadian saling bebas, saling lepas, dan kejadian bersyarat)
Peluang Kejadian Majemuk
- Kejadian saling bebas
- Kejadian saling lepas
- Peluang kejadian bersyarat
·   Mengamati dan mengidentifikasi faktapada peluang kejadian majemuk (peluang, kejadian-kejadian saling bebas, saling lepas, dan kejadian bersyarat) dari suatu percobaan acak
·   Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang kejadian majemuk (kejadian-kejadian saling bebas, saling lepas, dan kejadian bersyarat)
·   Menyajikan masalah yang berkaitan dengan peluang kejadian majemuk (peluang, kejadian-kejadian saling bebas, saling lepas, dan kejadian bersyarat)



Senin, 06 Juni 2016

Model Picture and Picture






Permendikbud tahun 2014

Peraturan Bersama Dirjen Dikdas dan Dirjen Dikmen Kemdikbud No. 5496/C/KR/2014 dan No. 7915/D/KP/2014 tentang Petunjuk Teknis Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013 Pada Sekolah Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
1. Permendikbud No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013
2. Permendikbud No. 159 Tahun 2014 tentang Evaluasi Kurikulum
3. Permendikbud No. 158 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Sistem Kredit
4. Permendikbud No. 144 Tahun 2014 tentang Kriteria Kelulusan UN 2014/2015
5. Permendikbud No. 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling
6. Permendikbud No. 105 Tahun 2014 tentang Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013
7. Permendikbud No. 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar
8. Permendikbud No. 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Dikdas dan Dikmen
9. Permendikbud No. 68 Tahun 2014 tentang Guru TIK
10. Permendikbud No. 64 Tahun 2014 tentang Peminatan
11. Permendikbud No. 63 Tahun 2014 tentang Kepramukaan
12. Permendikbud No. 62 Tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler
13. Permendikbud No. 61 Tahun 2014 tentang KTSP
14. Permendikbud No. 60 Tahun 2014 tentang Kurikulum SMK
15. Permendikbud No. 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum SMA
16. Permendikbud No. 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum SMP