PROGRAM TAHUNAN
Nama
Sekolah : SMA Kelas/Semester : XII Wajib
Mata
Pelajaran : Matematika Tahun Pelajaran : 2017 – 2018
SEMESTER
|
KI 1
|
KI 2
|
KD 3
|
KD 4
|
MATERI POKOK
|
ALOKASI WAKTU
|
Ganjil
|
1
|
2
|
3
|
4
|
I.
Geometri:
Jarak antar Titik, Jarak antar Garis dan Jarak antar Bidang
1.1
Mendeskripsikan jarak dalam ruang (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang)
1.2
Menentukan jarak
dalam ruang (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang)
II.
Statistika:
Penyajian data, Ukuran Pemusatan data, Ukuran Penyebaran Data
2.1
Menentukan
dan menganalisis ukuran pemusatan dan penyebaran data yang disajikan dalam bentuk tabel
distribusi frekuensi dan histogram
2.2
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan penyajian data hasil pengukuran dan pencacahan
dalam tabel distribusi frekuensi dan histogram
|
16
16
16
16
|
Genap
|
1
|
2
|
3
|
4
|
III.
Kaidah
Pencacahan: Aturan Penjumlahan, Aturan Perkalian, Permutasi dan Kombinasi
3.1
Menganalisis
aturan pencacahan (aturan penjumlahan, aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi)
melalui masalah kontekstual
3.2
Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan kaidah pencacahan (aturan
penjumlahan, aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi)
IV.
Peluang
Kejadian Majemuk: Kejadian saling bebas, Kejadian saling lepas, Peluang
kejadian bersyarat
4.1
Mendeskripsikan
dan menentukan peluang kejadian majemuk (peluang kejadian-kejadian saling
bebas, saling lepas, dan kejadian bersyarat) dari suatu percobaan acak
4.2
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan peluang kejadian majemuk (peluang,
kejadian-kejadian saling bebas, saling lepas, dan kejadian bersyarat)
|
10
10
10
10
|
KOMPETENSI
INTI (KI)
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalahh
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri
serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
MATERI
POKOK KELAS XII WAJIB
I. Geometri:
Jarak antar Titik, Jarak antar Garis dan Jarak antar Bidang
1.1 Mendeskripsikan jarak dalam ruang (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang)
1.2 Menentukan jarak
dalam ruang (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang)
II. Statistika:
Penyajian data, Ukuran Pemusatan data, Ukuran Penyebaran Data
2.1 Menentukan
dan menganalisis ukuran pemusatan dan penyebaran data yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi
frekuensi dan histogram
2.2 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan penyajian data hasil pengukuran dan pencacahan
dalam tabel distribusi frekuensi dan histogram
III. Kaidah
Pencacahan: Aturan Penjumlahan, Aturan Perkalian, Permutasi dan Kombinasi
3.1 Menganalisis
aturan pencacahan (aturan penjumlahan, aturan perkalian, permutasi, dan
kombinasi) melalui masalah kontekstual
3.2 Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan kaidah pencacahan (aturan
penjumlahan, aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi)
IV. Peluang
Kejadian Majemuk: Kejadian saling bebas, Kejadian saling lepas, Peluang
kejadian bersyarat
4.1 Mendeskripsikan
dan menentukan peluang kejadian majemuk (peluang kejadian-kejadian saling
bebas, saling lepas, dan kejadian bersyarat) dari suatu percobaan acak
4.2 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan peluang kejadian majemuk (peluang,
kejadian-kejadian saling bebas, saling lepas, dan kejadian bersyarat)
PROGRAM SEMESTER
Nama Sekolah : SMA Jakarta Kelas/Semester : XII Wajib/Ganjil
Mata Pelajaran : Matematika Tahun Pelajaran : 2017 – 2018
NO
|
MATERI
|
SUB MATERI
|
RPP Ke
|
ALOKASI WAKTU
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
Keterangan
|
||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||||
1
|
I
|
1.1
1.2
|
1
|
16
16
|
|
4
|
4
|
4
|
4
|
|
4
|
4
|
4
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
II
|
2.1
2.2
|
2
|
16
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
4
|
4
|
4
|
|
|
4
|
4
|
4
|
4
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Cadang
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
4
|
UTS/UAS
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
5
|
Raport
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
6
|
UCUN/UN
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Kosong
|
|
|
|
-
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
-
|
|
|
|
|
|
|
|
|
-
|
|
|
|
|
|
-
|
|
|
|
-
|
|
|
|
|
Total
|
112
|
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
|
4
|
4
|
4
|
|
|
KOMPETENSI
INTI (KI)
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
MATERI
POKOK KELAS XII WAJIB
I. Geometri:
Jarak antar Titik, Jarak antar Garis dan Jarak antar Bidang
1.1 Mendeskripsikan jarak dalam ruang (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang)
1.2 Menentukan jarak
dalam ruang (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang)
II. Statistika:
Penyajian data, Ukuran Pemusatan data, Ukuran Penyebaran Data
2.1 Menentukan
dan menganalisis ukuran pemusatan dan penyebaran data yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi
frekuensi dan histogram
2.2 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan penyajian data hasil pengukuran dan pencacahan
dalam tabel distribusi frekuensi dan histogram
PROGRAM SEMESTER
Nama Sekolah : SMA Jakarta Kelas/Semester : XII Wajib/Genap
Mata Pelajaran : Matematika Tahun Pelajaran : 2017 – 2018
NO
|
MATERI
|
SUB MATERI
|
RPP Ke
|
ALOKASI WAKTU
|
Januari
|
Februari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
Keterangan
|
||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||||
1
|
Iii
|
3.1
3.2
|
4
|
10
10
|
|
|
4
|
4
|
2
2
|
|
|
4
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
IV
|
4.1
4.2
|
5
|
10
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
4
|
2
2
|
4
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Cadang
|
|
|
20
|
|
4
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
UTS/UAS
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
Raport
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
6
|
UCUN/UN
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Kosong
|
|
|
|
-
|
|
|
|
|
-
|
|
|
|
|
-
|
|
|
|
|
|
|
|
|
-
|
|
|
|
|
-
|
-
|
|
|
-
|
-
|
|
|
|
|
Total
|
88
|
|
4
|
4
|
4
|
4
|
|
4
|
4
|
4
|
4
|
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
|
4
|
4
|
4
|
4
|
|
|
4
|
4
|
|
|
|
KOMPETENSI
INTI (KI)
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalahh
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
MATERI
POKOK KELAS XII WAJIB
III. Kaidah
Pencacahan: Aturan Penjumlahan, Aturan Perkalian, Permutasi dan Kombinasi
3.1 Menganalisis
aturan pencacahan (aturan penjumlahan, aturan perkalian, permutasi, dan
kombinasi) melalui masalah kontekstual
3.2 Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan kaidah pencacahan (aturan
penjumlahan, aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi)
IV. Peluang
Kejadian Majemuk: Kejadian saling bebas, Kejadian saling lepas, Peluang
kejadian bersyarat
4.1 Mendeskripsikan
dan menentukan peluang kejadian majemuk (peluang kejadian-kejadian saling
bebas, saling lepas, dan kejadian bersyarat) dari suatu percobaan acak
4.2 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan peluang kejadian majemuk (peluang,
kejadian-kejadian saling bebas, saling lepas, dan kejadian bersyarat)
PEMETAAN KOMPETENSI
INTI dan KOMPETENSI DASAR
Nama
Sekolah : SMA Jakarta Kelas/Semester : XII Wajib/Ganjil
Mata
Pelajaran : Matematika Tahun Pelajaran : 2017 – 2018
NO
|
MATERI
|
SUB MATERI
|
RPP Ke
|
ALOKASI WAKTU
|
PK
|
PdK
|
PM
|
TL
|
UK
|
P1
|
P2
|
P3
|
Keterangan
|
Pemahaman Konsep
|
Penalaran dan
Komunikasi
|
Pemecahan Masalah
|
Tes Lisan/ Tes
Tertulis
|
Unjuk Kerja
|
Proyek
|
Product
|
Portofolio
|
||||||
1
|
I
|
1.1
1.2
|
1
|
16
16
|
X
X
|
X
X
|
X
|
X
X
|
X
|
|
|
X
X
|
|
2
|
II
|
2.1
2.2
|
2
|
16
16
|
X
X
|
X
X
|
X
|
X
X
|
|
X
|
|
X
X
|
|
3
|
Cadang
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
UTS/UAS
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Raport
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
UCUN/UN
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Kosong
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Total
|
112
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
KI (Kompetensi Inti), KD (Kompetensi Dasar), PK (Pemahaman Konsep), PdK
(Penalaran dan Komunikasi), PM (Pemecahan Masalah), TL (Tes Lisan/ Tes
Tertulis), UK (Unjuk Kerja), P1 (Proyek), P2 (Product),
dan P3 (Portofolio).
KOMPETENSI
INTI (KI)
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalahh
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri
serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
MATERI
POKOK
I. Geometri:
Jarak antar Titik, Jarak antar Garis dan Jarak antar Bidang
1.1 Mendeskripsikan jarak dalam ruang (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang)
1.2 Menentukan jarak
dalam ruang (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang)
II. Statistika:
Penyajian data, Ukuran Pemusatan data, Ukuran Penyebaran Data
2.1 Menentukan
dan menganalisis ukuran pemusatan dan penyebaran data yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi
frekuensi dan histogram
2.2 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan penyajian data hasil pengukuran dan pencacahan
dalam tabel distribusi frekuensi dan histogram
PEMETAAN KOMPETENSI
INTI dan KOMPETENSI DASAR
Nama Sekolah : SMA
Jakarta Kelas/Semester : XII Wajib/Genap
Mata
Pelajaran : Matematika Tahun Pelajaran : 2017 – 2018
NO
|
MATERI
|
SUB MATERI
|
RPP Ke
|
ALOKASI WAKTU
|
PK
|
PdK
|
PM
|
TL
|
UK
|
P1
|
P2
|
P3
|
Keterangan
|
Pemahaman Konsep
|
Penalaran dan
Komunikasi
|
Pemecahan Masalah
|
Tes Lisan/ Tes
Tertulis
|
Unjuk Kerja
|
Proyek
|
Product
|
Portofolio
|
||||||
1
|
III
|
4.1
4.2
|
4
|
10
10
|
X
X
|
X
X
|
X
|
X
X
|
X
|
|
|
X
X
|
|
2
|
IV
|
5.1
5.2
|
5
|
10
10
|
X
X
|
X
X
|
X
|
X
X
|
|
X
|
|
X
X
|
|
3
|
Cadang
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
UTS/UAS
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Raport
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
UCUN/UN
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Kosong
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Total
|
88
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
KI (Kompetensi Inti), KD (Kompetensi Dasar), PK (Pemahaman Konsep), PdK
(Penalaran dan Komunikasi), PM (Pemecahan Masalah), TL (Tes Lisan/ Tes
Tertulis), UK (Unjuk Kerja), P1 (Proyek), P2 (Product),
dan P3 (Portofolio).
KOMPETENSI INTI (KI)
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalahh
4. Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
MATERI
POKOK
III. Kaidah
Pencacahan: Aturan Penjumlahan, Aturan Perkalian, Permutasi dan Kombinasi
3.1 Menganalisis
aturan pencacahan (aturan penjumlahan, aturan perkalian, permutasi, dan
kombinasi) melalui masalah kontekstual
3.2 Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan kaidah pencacahan (aturan
penjumlahan, aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi)
IV. Peluang
Kejadian Majemuk: Kejadian saling bebas, Kejadian saling lepas, Peluang
kejadian bersyarat
4.1 Mendeskripsikan
dan menentukan peluang kejadian majemuk (peluang kejadian-kejadian saling
bebas, saling lepas, dan kejadian bersyarat) dari suatu percobaan acak
4.2 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan peluang kejadian majemuk (peluang,
kejadian-kejadian saling bebas, saling lepas, dan kejadian bersyarat)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar