Sabtu, 30 September 2017

PROGRAM TAHUNAN, PROGRAM SEMESTER, PEMETAAN



PROGRAM TAHUNAN

Nama Sekolah     : SMA                                                                     Kelas/Semester   : XII Wajib
Mata Pelajaran    : Matematika                                                         Tahun Pelajaran  : 2017 – 2018

SEMESTER
KI 1
KI 2
KD 3
KD 4
MATERI POKOK
ALOKASI WAKTU
Ganjil
1
2
3
4
I.      Geometri: Jarak antar Titik, Jarak antar Garis dan Jarak antar Bidang
1.1   Mendeskripsikan jarak dalam ruang (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang)
1.2   Menentukan jarak dalam ruang  (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang)
II.     Statistika: Penyajian data, Ukuran Pemusatan data, Ukuran Penyebaran Data
2.1   Menentukan dan menganalisis ukuran pemusatan dan penyebaran data  yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram
2.2   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian data hasil pengukuran dan pencacahan dalam tabel distribusi frekuensi dan histogram

16
16


16

16
Genap
1
2
3
4
III.    Kaidah Pencacahan: Aturan Penjumlahan, Aturan Perkalian, Permutasi dan Kombinasi
3.1   Menganalisis aturan pencacahan (aturan penjumlahan, aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi) melalui masalah kontekstual
3.2   Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan kaidah pencacahan (aturan penjumlahan, aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi)
IV.   Peluang Kejadian Majemuk: Kejadian saling bebas, Kejadian saling lepas, Peluang kejadian bersyarat
4.1   Mendeskripsikan dan menentukan peluang kejadian majemuk (peluang kejadian-kejadian saling bebas, saling lepas, dan kejadian bersyarat) dari suatu percobaan acak
4.2   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang kejadian majemuk (peluang, kejadian-kejadian saling bebas, saling lepas, dan kejadian bersyarat)



10

10




10

10

KOMPETENSI INTI (KI)
1.     Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.     Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalahh
4.     Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

MATERI POKOK KELAS XII WAJIB
I.      Geometri: Jarak antar Titik, Jarak antar Garis dan Jarak antar Bidang
1.1   Mendeskripsikan jarak dalam ruang (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang)
1.2   Menentukan jarak dalam ruang  (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang)
II.     Statistika: Penyajian data, Ukuran Pemusatan data, Ukuran Penyebaran Data
2.1   Menentukan dan menganalisis ukuran pemusatan dan penyebaran data  yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram
2.2   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian data hasil pengukuran dan pencacahan dalam tabel distribusi frekuensi dan histogram
III.    Kaidah Pencacahan: Aturan Penjumlahan, Aturan Perkalian, Permutasi dan Kombinasi
3.1   Menganalisis aturan pencacahan (aturan penjumlahan, aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi) melalui masalah kontekstual
3.2   Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan kaidah pencacahan (aturan penjumlahan, aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi)
IV.   Peluang Kejadian Majemuk: Kejadian saling bebas, Kejadian saling lepas, Peluang kejadian bersyarat
4.1   Mendeskripsikan dan menentukan peluang kejadian majemuk (peluang kejadian-kejadian saling bebas, saling lepas, dan kejadian bersyarat) dari suatu percobaan acak
4.2   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang kejadian majemuk (peluang, kejadian-kejadian saling bebas, saling lepas, dan kejadian bersyarat)
PROGRAM SEMESTER

Nama Sekolah            : SMA      Jakarta                    Kelas/Semester          : XII Wajib/Ganjil
Mata Pelajaran            : Matematika                           Tahun Pelajaran          : 2017 – 2018

NO
MATERI
SUB MATERI
RPP Ke
ALOKASI WAKTU
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
Keterangan
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
I
1.1
1.2
1
16
16

4
4
4
4


4

4

4




4



















2
II
2.1
2.2
2
16
16















4
4
4
4



4

4

4

4






3
Cadang


20





4



4




4





4





4




4
UTS/UAS


8












4














4



5
Raport


8













4














4


6
UCUN/UN


12































7
Kosong



-









-








-





-



-




Total
112

4
4
4
4
4
4
4
4
4

4
4
4
4
4
4
4
4

4
4
4
4
4

4
4
4



KOMPETENSI INTI (KI)
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.    Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

MATERI POKOK KELAS XII WAJIB
I.     Geometri: Jarak antar Titik, Jarak antar Garis dan Jarak antar Bidang
1.1 Mendeskripsikan jarak dalam ruang (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang)
1.2 Menentukan jarak dalam ruang  (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang)
II.    Statistika: Penyajian data, Ukuran Pemusatan data, Ukuran Penyebaran Data
2.1 Menentukan dan menganalisis ukuran pemusatan dan penyebaran data  yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram
2.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian data hasil pengukuran dan pencacahan dalam tabel distribusi frekuensi dan histogram







PROGRAM SEMESTER

Nama Sekolah            : SMA     Jakarta                     Kelas/Semester          : XII Wajib/Genap
Mata Pelajaran            : Matematika                           Tahun Pelajaran          : 2017 – 2018

NO
MATERI
SUB MATERI
RPP Ke
ALOKASI WAKTU
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
Keterangan
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
Iii
3.1
3.2
4
10
10


4
4
2
2



4


4





















2
IV
4.1
4.2
5
10
10











4





4

2
2

4




4








3
Cadang


20

4




4





4








4

4







4
UTS/UAS


8













4












4




5
Raport


8














4












4



6
UCUN/UN


12








4






4




4










7
Kosong



-




-




-








-




-
-


-
-




Total
88

4
4
4
4

4
4
4
4

4
4
4
4
4
4
4
4

4
4
4
4


4
4




KOMPETENSI INTI (KI)
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalahh
4.    Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

MATERI POKOK KELAS XII WAJIB
III.   Kaidah Pencacahan: Aturan Penjumlahan, Aturan Perkalian, Permutasi dan Kombinasi
3.1 Menganalisis aturan pencacahan (aturan penjumlahan, aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi) melalui masalah kontekstual
3.2 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan kaidah pencacahan (aturan penjumlahan, aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi)
IV.  Peluang Kejadian Majemuk: Kejadian saling bebas, Kejadian saling lepas, Peluang kejadian bersyarat
4.1 Mendeskripsikan dan menentukan peluang kejadian majemuk (peluang kejadian-kejadian saling bebas, saling lepas, dan kejadian bersyarat) dari suatu percobaan acak
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang kejadian majemuk (peluang, kejadian-kejadian saling bebas, saling lepas, dan kejadian bersyarat)
PEMETAAN KOMPETENSI INTI dan KOMPETENSI DASAR

Nama Sekolah         : SMA    Jakarta                    Kelas/Semester        : XII Wajib/Ganjil
Mata Pelajaran         : Matematika                          Tahun Pelajaran      : 2017 – 2018

NO
MATERI
SUB MATERI
RPP Ke
ALOKASI WAKTU
PK
PdK
PM
TL
UK
P1
P2
P3
Keterangan
Pemahaman Konsep
Penalaran dan Komunikasi
Pemecahan Masalah
Tes Lisan/ Tes Tertulis
Unjuk Kerja
Proyek
Product
Portofolio
1
I
1.1
1.2
1
16
16
X
X
X
X

X
X
X

X


X
X

2
II
2.1
2.2
2
16
16
X
X
X
X

X
X
X


X

X
X

3
Cadang


20









4
UTS/UAS


8









5
Raport


8









6
UCUN/UN


12









7
Kosong















Total
112










Keterangan: KI (Kompetensi Inti), KD (Kompetensi Dasar), PK (Pemahaman Konsep), PdK (Penalaran dan Komunikasi), PM (Pemecahan Masalah), TL (Tes Lisan/ Tes Tertulis), UK (Unjuk Kerja), P1 (Proyek), P2 (Product), dan P3 (Portofolio). 

KOMPETENSI INTI (KI)
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalahh
4.    Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

MATERI POKOK
I.     Geometri: Jarak antar Titik, Jarak antar Garis dan Jarak antar Bidang
1.1 Mendeskripsikan jarak dalam ruang (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang)
1.2 Menentukan jarak dalam ruang  (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang)
II.    Statistika: Penyajian data, Ukuran Pemusatan data, Ukuran Penyebaran Data
2.1 Menentukan dan menganalisis ukuran pemusatan dan penyebaran data  yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram
2.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian data hasil pengukuran dan pencacahan dalam tabel distribusi frekuensi dan histogram




PEMETAAN KOMPETENSI INTI dan KOMPETENSI DASAR

Nama Sekolah         : SMA     Jakarta                   Kelas/Semester        : XII Wajib/Genap
Mata Pelajaran         : Matematika                          Tahun Pelajaran      : 2017 – 2018

NO
MATERI
SUB MATERI
RPP Ke
ALOKASI WAKTU
PK
PdK
PM
TL
UK
P1
P2
P3
Keterangan
Pemahaman Konsep
Penalaran dan Komunikasi
Pemecahan Masalah
Tes Lisan/ Tes Tertulis
Unjuk Kerja
Proyek
Product
Portofolio
1
III
4.1
4.2
4
10
10
X
X
X
X

X
X
X

X


X
X

2
IV
5.1
5.2
5
10
10
X
X
X
X

X
X
X


X

X
X

3
Cadang


20









4
UTS/UAS


8









5
Raport


8









6
UCUN/UN


12









7
Kosong















Total
88










Keterangan: KI (Kompetensi Inti), KD (Kompetensi Dasar), PK (Pemahaman Konsep), PdK (Penalaran dan Komunikasi), PM (Pemecahan Masalah), TL (Tes Lisan/ Tes Tertulis), UK (Unjuk Kerja), P1 (Proyek), P2 (Product), dan P3 (Portofolio). 

KOMPETENSI INTI (KI)
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalahh
4.    Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

MATERI POKOK
III.   Kaidah Pencacahan: Aturan Penjumlahan, Aturan Perkalian, Permutasi dan Kombinasi
3.1 Menganalisis aturan pencacahan (aturan penjumlahan, aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi) melalui masalah kontekstual
3.2 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan kaidah pencacahan (aturan penjumlahan, aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi)
IV.  Peluang Kejadian Majemuk: Kejadian saling bebas, Kejadian saling lepas, Peluang kejadian bersyarat
4.1 Mendeskripsikan dan menentukan peluang kejadian majemuk (peluang kejadian-kejadian saling bebas, saling lepas, dan kejadian bersyarat) dari suatu percobaan acak
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang kejadian majemuk (peluang, kejadian-kejadian saling bebas, saling lepas, dan kejadian bersyarat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar